Tips Cara Mudah Perawatan Genset – Genset tidak bisa di Starter

Spread the love

Tips Perawatan Genset Yang Bermasalah, Cara mengetahui genset yang bermasalah dan perlu untuk perawatan atau perbaikan, sebagai berikut : 

  1. Genset saat dinyalakan dan tiba-tiba mati

Biasanya hal ini sering terjadi dikarenakan adanya air pada tangki bahan bakar genset anda tersebut. Yang perlu anda lakukan adalah membuang air yang ada pada bagian tangki bahan bakar dan juga pada seluruh bagian saluran bahan bakar yang terhubung langsung dengan bagian mesin genset.

Selanjutnya anda bisa memeriksa pada bagian lubang ventilasi genset, apakah tersumbat atau tidak. Jika pada bagian lubang ventilasi terjadi penyumbatan, maka sebaiknya anda segera mengatasinya dengan membersihkan bagian tersebut.

Karena mungkin saja tersumbatnya lubang ventilasi merupakan salah satu penyebab genset tiba-tiba mati.

Selain itu seringkali pada saringan bahan bakar yang menjadi salah satu penyebab matinya genset secara tiba-tiba. Lakukan pemeriksaan pada bagian ini untuk memastikan saringan bahan bakar terjadi penyumbatan atau tidak.

Jika memang terjadi penyumbatan, sebaiknya anda segera membersihkannya agar genset bisa berfungsi dengan baik. Untuk proses perawatan jika sering terjadi hal semacam ini, anda perlu memperhatikan sirkulasi udara pada tempat dimana genset dihidupkan atau dinyalakan.

Sirkulasi udara sangat penting karena mempengaruhi proses pembuangan uap panas yang dikeluarkan oleh cerobong genset.

Jika tempat yang digunakan tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik, maka uap panas yang dikeluarkan oleh cerobong tidak bisa terbuang bebas justru akan semakin membuat panas genset anda.

Jadi sirkulasi udara sangat diperlukan agar uap panas yang dikeluarkan oleh cerobong genset bisa terbuang bebas sehingga tidak mengganggu kinerja dari genset itu sendiri.

  1. Genset tidak bisa di Starter

Hal ini seringkali terjadi karena mungkin saja kondisi aki sudah sangat lemah, sebaiknya lakukan pengecekan secara rutin dan berkala agar mengetahui jika ada masalah pada aki genset.

Jika dihadapkan dengan masalah seperti ini, maka bisa mengisi ulang aki atau pun melakukan penggantian dengan menggunakan aki yang baru. Tapi saran saya jika aki masih dalam keadaan yang tidak terlalu buruk, lakukan pengisian ulang saja untuk menghemat pengeluaran anda.

Selain itu hal yang bisa mengakibatkan genset tidak bisa di starter adalah dikarenakan ada bagian kabel yang tidak tersambung dengan baik atau pun memang kabel tersebut dalam kondisi putus.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa memperbaikinya dengan menyambungkannya kembali. Saran saya sering-sering lakukan pengecekan, kadangkala kabel putus seringkali disebabkan oleh tikus.

Ada juga penyebab lainnya seperti terjadi kerusakan pada bagian motor starternya. Ketika dihadapkan dengan masalah semacam ini maka tidak perlu khawatir, anda hanya perlu membeli motor starter baru di toko-toko onderdil di sekitar rumah anda.

Kemudian gantilah motor starter lama dengan motor starter yang baru. Lalu anda bisa mencoba menstarter genset anda kembali.

Untuk melakukan perawatan agar tidak terjadi hal yang demikian, sebaiknya anda memperhatikan terlebih dahulu karakeristik dari genset anda. Genset perlu dilakukan pemanasan paling tidak seminggu sekali agar bisa berfungsi secara normal.

Jika anda malas melakukan pemanasan karena jarang digunakan, mungkin dalam jangka waktu yang lama dan tiba-tiba diperlukan, genset anda akan mengalami masalah pada saat distarter.

Kemudian dengan terpaksa anda harus menarik tuas berkali-kali untuk mencoba menyalakannya kembali. Jika hal tersebut tidak ingin menimpa anda, maka rajin-rajinlah melakukan pemanasan terhadap genset walaupun tidak digunakan, agar genset anda bisa awet dan tahan lama.

  1. Daya Mesin mulai menghilang

Hilangnya daya mesin pada genset disebabkan karena kondisi pada plunger pompa sudah mengalami kehausan. Hal ini dapat ditangani dengan melakukan pengecekan pada bagian pompa, kemudian anda bias melakukan penyetelan ulang.

Jika anda sudah melakukan penyetelan ulang namun dihadapkan dengan kesulitan, maka anda bisa melakukan penggantian dengan plunger pompa yang baru untuk memudahkan.

Bisa jadi karena akibat dari patahnya bagian pada pegas katub. Hal ini bukan merupakan masalah yang serius, jadi  tidak perlu khawatir. Yang perlu anda lakukan adalah hanya melakukan penggantian pegas katub yang patah dengan pegas katub yang baru.

Selain itu mungkin bagian komponen dari katub nozel dalam keadaan sangat kotor atau pun memang sudah mengalami kerusakan yang serius.

Jika memang katub nozel dalam kondisi sangat kotor, maka anda harus membersihkannya agar bisa berfungsi kembali. Apabila kondisinya sudah rusak, maka bisa mencoba untuk melakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli yang baru sebagai penggantinya.

  1. Arus yang berlebihan

Hal ini seringkali terjadi akibat adanya suatu hubungan pada generator yang sangat singkat dan juga terdapatnya beban yang berlebihan sehingga generator bekerja terlalu keras dan mengakibatkan gangguan tersebut.

Walaupun generator sudah dibekali kemampuan yang cukup canggih untuk menghindari arus berlebih dalam jangka waktu yang cukup panjang, bukan hal yang tidak mungkin jika sewaktu-waktu akan bisa terjadi hal yang demikian itu.

Perlu menggunakan alat tambahan yang bisa digunakan untuk melindungi generator dan mencegah adanya arus yang berlebihan dalam jangka panjang.

  1. Ketidakseimbangan beban

Kondisi seperti ini juga sering ditemukan karena perlakuan yang tidak peduli terhadap genset yang digunakan. Penyebab utamanya adalah terjadinya kebocoran pada beberapa bagian generator sehingga menimbulkan hubungan yang sangat singkat dengan penghantar ke tanah atau pun hubungan yang terjadi antar penghantar tersebut.

Gangguan yang terjadi semacam ini akan mengakibatkan adanya suatu arus yang mempunyai urutan  negatif akan akan bermuara pada bagian penghantar yang memiliki nilai nol.

Jika mengalami kejadian seperti ini, saran saya anda harus sesegera mungkin mengamankan genset agar nantinya tidak terjadi suatu kerusakan yang berat dan dapat merugikan anda tentunya.

  1. Tegangan yang berlebihan

Dalam penggunaan genset seringkali tidak disadari bahwa adanya tegangan yang berlebihan akan membuat genset menjadi terganggu dan tidak bisa bekerja dengan baik. Tegangan yang berlebihan diakibatkan oleh adanya putaran yang berlebihan juga karena terjadinya proses pelepasan beban yang sangat cepat dan mendadak. Hal ini akan menyebabkan daya kejut pada genset.

 

CV. HARFIKA NUSANTARA : Jasa Sewa Genset, Sewa Load bank dan Sewa Load Bank.

Jl. Cipinang Muara II No. 16 Klender – Duren Sawit – Jakarta Timur

(021) 86616365

Ferdi : 0812 8983 5207

Jay     : 0812 8533 8689

Pusat Penyewaan Genset dan Loadbank Murah – 081314625146 – 081289835207